Inovasi dan Konsep Unik non Smartphone di MWC17

Selain untuk memamerkan ponsel terbaru, ajang Mobile World Congress (MWC) 2017 di Barcelona kemarin juga dimanfaatkan oleh sejumlah vendor untuk mengumumkan konsep teknologi terbaru yang belum diterapkan saat ini, namun akan menjadi besar ke depannya. Harapannya demikian.

Tercatat ada banyak konsep yang menarik, namun hanya beberapa saja yang mampu menarik perhatian PULSA.

Super mCharge, Teknologi Fast Charging dari Meizu

Tahun ini Meizu hadir di Barcelona dengan memperkenalkan konsep charging cepat yang disebut mCharge. Masih segar dalam ingatan, setahun sebelumnya, sesama vendor Cina yakni OPPO pun telah lebih dulu memperkenalkan teknologi serupa lewat Super VOOC nya. Lalu apa bedanya mCharge dengan teknologi charging cepat lain?

Teknologi mCharge mampu mengisi daya ponsel dari nol hingga 100 persen hanya dengan waktu 20 menit saja. Ini berarti teknologi tersebut lebih baik dari fitur charging cepat besutan Qualcomm, Quick Charge 3.0 yang membutuhkan waktu sekitar 35 menit dari 0 persen ke 80 persen.

Sayangnya, mCharge harus dilakukan dengan menggunakan tools-nya sendiri. Alias dengan kata lain, harus menggunakan adapter khusus, sampai kabel chargernya pun harus khusus. Selain untuk mencegah terjadinya overheat dalam proses charging cepat, pihak Meizu sendiri rupanya telah menciptakan teknik mentrasfer daya dalam voltase rendah yang unik sehingga membutuhkan ekosistem khusus untuk berjalannya pengisian daya.

Xperia Ear, Konsep Earset yang Terbuka

Menggunakan earset wireless tidak harus menutup diri dari dunia luar. Dan Sony membawa ide ini ke dalam sebuah konsep unik dimana sebuah earset didesain sedemikian rupa sehingga penggunannya masih dapat mendengar suara dari luar alias “Open Ear”.

Biasanya earset menggunakan driver yang dimasukkan ke dalam lubang telinga. Xperia Ear hanya menyediakan bentukan seperti driver in ear, namun hanya berupa rangka membulat dimana bagian tengahnya bolong, seperti cincin.

Semua proses terkait audio dan koneksi wireless dikerjakan dalam bagian gagang earset yang berukuran relatif lebih besar. Lalu suara dialirkan ke dalam rongga telinga melalui bentukan seperti cincin yang masuk ke telinga.

Autolivery, Konsep pengiriman autonom dari FORD

Ford yang hadir di MWC 2017 Barcelona menyuguhkan sebuah konsep pengiriman barang secara otomatis, yang merupakan integrasi dari sejumlah perangkat.

Meski belum ada prototype yang diperlihatkan, namun dari video yang ditayangkan dalam MWC memperlihatkan sebuah kendaraan darat beroda 4 dengan sistem kendara otomatis akan mengimkan barang dari satu tituk ke titik tujuan.

Lalu setibanya di titik tujuan, sebuah drone akan diluncurkan dari mobil membawa paket yang ditujukan untuk alamat tadi, terbang menuju titik penurunan barang. Menurut FORD konsep ini akan memenuhi kebutuhan pengiriman barang di area yang padat.

5X Lossless Zoom, Konsep Kamera Zoom dengan Periskop

Tak ketinggalan OPPO, yang selalu memanfaatkan MWC sebagai ajang pamer teknologi baru, juga memamerkan konsep kamera terbaru yang akan menjadi standar kamera ponsel masa depan.

Konsep dual camera, dimana salah satunya merupakan kamera zoom hingga 5 kali perbesaran, namun membutuhkan ruang yang lebih sempit dan tetap mempertahankan desain ponsel yang ramping tanpa harus menonjol di bagian kamera.

Hal ini dimungkinkan karena OPPO memperkenalkan teknologi periskop, dimana sensor kamera diletakkan di bidang horizontal, alias rebah, sehingga lensa dan sensor bertumpuk ke arah samping, memanfaatkan ruang yang ada. Dimana sebuah kaca berbentuk prisma akan berfungsi membelokkan/menghantarkan cahaya dari obyek ke sensor kamera.

Menariknya, hal ini memungkinkan OPPO untuk membenamkan teknologi image stabilizer yang lebih baik untuk mendapatkan hasil zooming yang tetap detil tanpa kehilangan kualitas.

One thought

  1. 357648 250137There a couple of interesting points over time here but I dont know if I see them all center to heart. There exists some validity but Let me take hold opinion until I look into it further. Extremely great post , thanks and now we want much more! Included with FeedBurner at the same time 735931

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *